Cara Praktis MEmbuat PCB

Bagi yang anda2 yang sering kali membuat PCB, artikel ini mungkin bias bermanfaat untuk anda.  Kali ini saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai bagaimana membuat PCB dengan mudah dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk membuat PCB yang tidak terlalu rumit, mungkin bias kita gunakan spidol permanen. Namun bagaimana jika PCB yang akan kita buat memiliki rangkaian yang begitu rumit, misalkan membuat PCB untuk rangkaian mikrokontroler, tentu jika menggunakan spidol hasilnya tidak akan memuaskan, bahkan proesnya juga susah. Karena itu kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai pembuatan PCB yang praktis :
  1. Siapkan gambarnya. Gambar PCB yang kita gunakan tidak memakai spidol, kita membuat gambar PCB dengan menggunakan software computer. Kalau saya pribadi, biasanya menggunakan Diptrace, Proteus, ataupun Protel.
  2. Cetak gambar. Kalau gambar PCB sudah selesai kita buat, selanjutnya gambar terebut dicetak pada kertas glossy. Kemudian printer yang digunakan juga harus menggunakan printer laser. Jika kesulitan untuk mencari printer laer, bisa kita cetak pada printer biasa, kemudian hasil cetakannya kita fotokopi tentunya ke kertas glossy. Jangan sembarang memilih fotokopi, usahakan untuk menggunakan mesin fotokopi yang memiliki kualitas prima.
  3. Masalah kertas glossy, kita juga bisa menggunakan alternative kertas kalender. Kertas kalender yang glossy tentunya, sebaliknya kan masih blank. Nah space itu yang bisa kita gunakan untuk mencetak gambar PCB. Kertas glossy yang digunakan, emakin tipi semakin baik. Karena itu, biasanya saya kalu sudah dicetak, maka kertas glossy tersebut saya kelupa lapisannya menjadi 2 bagian, sehinggaa kertas glossy yang berisi gambar PCB tadi menjadi sangat tipis.
  4. Siapkan PCB. Papan PCB yang mau kita gunakan harus bersih. Cuci papan PCB dengan sabun, kemudian dikeringkan, jangan sampai ada minyak pada papan PCB yang mau kita buat.
  5. Setrika. Nah… ini dia proses yang paling penting, kenapa saya bilang paling penting? Karena proses ini yang merupakan cerminan dari hasli akhir PCB. Jka setrka sudah panas, tempelkan gambar PCB yang sudah kta cetak pada kertas glossy di atas papan PCB. Setelah yakin posisinya sudah tepat, lipat dan plester kertas tersebut agar jangan sampai bergeser. Setelah itu kita setrika dengan rata, jangan sampai terlewati satu jalurpun. Jika disetrika terlalu lama maka garis akan pudar sehingga jalurnya rusak. Namun jika kurang lama maka jal;ur juga tidak bisa menempel. Setrika dengan rata kira2 3 – 5 menit.
  6. Setelah disetrika, rendam papan PCB tersebut ke dalam air. Lama perendaman ini tergantung dari tebal tipisnya kertas. Saran dari saya gunakan kertas yang setipis mungkin, karena lebih muydah dan lebih bagus hasilnya. Setelah direndam, kelupas sedikit demi sedikit kertas yang menempel pada papan PCB. Bersihkan iia2 kertas yang menempel pada jalur dengan sikat. Bersihkan sampai bersih.
  7. Teliti jalurnya. Setelah kertasnya sudah benar2 bersih, periksa jalurnya. Jika ada jalur yang putus, perbaiki dengan spidol. Tebalkan juga garis yang kira2 rawan.
  8. Setelah yakin jalurnya udah benar, tinggal langsung dilarut dengan fericlorid. Dalam pelarutan, jaga agr larutan benar2 berih dari kotoran seperti kerikil atau yang lainnya, karena kotoran tersebut bisa merusak jalur.larut sampai selesai…
  9. Setelah selesai dilarut, bersihkan dengan bensin atau tinner. Kemudian disabun sampai bersih…

Jadi deh, prosesnya gampang dengan hasil yang memuaskan. Gimana, masih mau buat PCB manual pakai spidol? Udah deh tinggalin aja…..
Selamat berkarya…

0 comments:

Post a Comment